Senin, 23 November 2009

Utak-atik Domain dengan DomainTools

Beberapa waktu lalu, saya sedang jalan-jalan di YouTube. Nah saya menemukan video seseorang yang ingin mengekspos seorang pemilik channel YouTube yang dia tuduh sebagai pembohong. Salah satu cara yang dia gunakan untuk membuktikan kebohongan adalah dengan melihat whois record dari situs yang dimiliki pembohong tersebut.

Di video tersebut dia mengatakan (in English tentunya), "...Mudah sekali kok menemukannya, Anda juga bisa, cari saja caranya sendiri..". Saya jadi berpikir, memang orang ini yang pintar atau saya yang ketinggalan zaman?

Maka dari itu saya langsung mencari di Google, dan jawabannya adalah memang saya yang ketinggalan zaman. Ada sebuah situs yang bisa mendapatkan berbagai informasi dari domain yang kita masukkan. Nama situs tersebut adalah DomainTools.

Cara yang digunakan untuk mengetahui pemilik suatu domain adalah dengan menggunakan tools whois. Namun selain itu banyak sekali tools yang bisa digunakan yang berhubungan dengan domain, seperti mencari domain, jual-beli domain, tools DNS, dan lain-lain.

Jadi, selamat mencoba

Tidak ada komentar: