Kamis, 01 Mei 2008

Convert Ms. Office XML (docx) ke ODF!

Akhirnya setelah menyatakan kekesalan saya akan ketidakmampuan Open Office untuk membuka dokumen berformat Ms. Office XML seperti docx, pptx, dan lainnya, saya melakukan sedikit browsing untuk mencari converter yang bisa digunakan di Ubuntu saya.
Saya menemukan sebuah aplikasi yang dijalankan melalui terminal untuk meng-convert jenis dokumen ini.
Nama aplikasi tersebut adalah Odf-converter.
Setelah saya coba install, ternyata terjadi error dalam eksekusinya.

Kemudian saya mencoba lagi mencari yang lain.
Dalam pencarian itu saya menemukan 2 situs yang menyediakan layanan convert online.
Jadi saya tidak perlu mendownload aplikasinya, cukup mengupload file saya yang akan saya convert dan menunggu jawaban di e-mail saya.

Situs yang pertama adalah docx-converter.com.
Situs ini menyediakan layanan convert dari tipe dokumen docx ke berbagai macam tipe dokumen.
Cara penggunaannya cukup sederhana, buka situsnya, isi alamat e-mail, browse file yang akan diubah dari komputer, pilih hasil convertnya, dan klik CONVERT IT!
Kemudian akan ada e-mail dari docx-converter.com yang memberitahu bahwa hasil convert bisa didownload dari link yang ada di e-mail tersebut.














Kemudian, situs yang kedua adalah zamzar.com.
Situs ini menyediakan layanan yang lebih lengkap.
Langkah-langkah untuk menggunakan layanan ini lebih jelas dan lebih mudah.
Selain itu pilihan yang dapat diconvert disini juga lebih banyak.
Bisa bertipe image, doc, multimedia, dan juga package seperti zip, rar, dan lain-lain.
Situs ini menyediakan juga layanan yang berbayar, yang mana member dapat mengupload file berukuran besar, punya file manager sendiri di situs tersebut, proses convert yang lebih cepat, dan lain-lain.
Proses convertnya juga sama, upload file, pilih jenis dokumen hasil convert, isi alamat e-mail, dan klik Convert.
Nantinya hasil convert juga didownload dari link yang dikirimkan lewat e-mail.













Akhirnya tidak perlu bingung dengan format Ms. Office XML...

internet-stuffs

Tidak ada komentar: