Kamis, 13 November 2008

Mainkan File Guitar Pro di Ubuntu

Jika Anda termasuk orang yang ragu menggunakan Linux karena khawatir tidak ada software yang dapat memainkan file tablature gitar macam Guitar Pro dan Power Tab, Anda tidak perlu khawatir lagi. Saat ini sudah ada software yang dapat memainkan dan mengedit file-file tablature di Linux. Nama software tersebut adalah Tux Guitar.

Tux Guitar adalah sebuah software yang dapat memainkan file tablature berekstensi .tg, .gp3, .gp4, .gp5, dan .ptb. Dengan tampilan yang lucu khas Tux (maskot Linux yang berupa pinguin), Tux Guitar tidak bisa dianggap enteng. Software resmi Guitar Pro dan Power Tab saja tidak bisa saling membuka file.

Untuk pengguna Ubuntu, cara menginstallnya sangat mudah. Anda cukup membuka "Add/Remove" di menu Applications, pilih Show "All Available Applications", dan search saja "guitar". Pilih Tux Guitar dari daftar dan klik "Apply". Setelah itu software akan secara otomatis diinstall.

Jika setelah menginstall Anda ternyata hanya dapat membuka file, namun tidak memainkannya, maka Anda harus mendownload Soundbank dari:

http://java.sun.com/products/java-media/sound/soundbanks.html

Pilih paket Soundbank yang Anda inginkan disitu. Sebagai saran, bila ingin suara yang bagus, download yang Deluxe (4.92 MB).

Setelah itu, buka Tux Guitar anda. Masuk ke menu Settings, pilih Configure TuxGuitar. Klik tombol "Sound". Pilih "Use Custom Soundbank". Anda tinggal browse dan pilih file Soundbank yang sudah Anda download.

Selamat bermain gitar.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

maaf mas mau tanya, sudah saya downlaod softwarenya tapi kok gak ada suaranya ya ?
apa masalah soundbanknya ??
saya coba masukin soundbanknya tapi settingnya gak ketemu -_-"