Sabtu, 20 September 2008

Belajar HTML? W3Schools saja!

W3SchoolsSaat ini perkembangan web programming dan web design sudah sangat pesat. Bila Anda ingin belajar HTML, XHTML, CSS, dan Java, Anda sebenarnya tidak perlu repot membeli buku. Anda dapat membuka sebuah "sekolah" online untuk belajar dasar-dasar bahasa web programming diatas. Nama "sekolah" itu adalah W3Schools.

W3Schools adalah sebuah situs yang dibuat oleh Refsnes Data, sebuah perusahaan pengembang software Norwegia, yang bertujuan untuk memberikan tutorial bagaimana membuat situs yang sesuai dengan standar W3C dengan gratis.

Refsnes sebenarnya adalah nama keluarga pemilik W3Schools. Mereka sekeluarga masing-masing membuat tutorial sesuai dengan kemampuan masing-masing.

Tutorial yang ada di W3Schools sangatlah lengkap untuk seorang pemula. Tidak heran bila Anda dapat menemukan banyak buku yang mengutip dari situs ini. Terutama karena situs ini memberikan segala pelajarannya dengan cuma-cuma.

Tidak hanya tutorial, W3Schools juga menyediakan banyak referensi, contoh, dan link-link yang berhubungan dengan membangun sebuah situs.

Yang menarik dari situs ini adalah ketika Anda ingin mempraktekkan pelajaran Anda dalam membuat halaman web, Anda tidak perlu repot mencari HTML editor, karena disediakan sebuah aplikasi web online dimana Anda dapat mengedit sekaligus melihat hasilnya dalam 1 halaman. Nama aplikasi ini adalah Tryit Editor. Hampir seperti Anda memiliki editor HTML yang terinstall di komputer Anda.

Selamat belajar.

internet-stuffs

3 komentar:

Kholisatul Muthmainah mengatakan...

Informasinya manfaat banget mas. Apalagi kalo versi bahasa kita. banyak yang nyari, apalagi pemula seperti aq. makasih ya....

anggorodewanto mengatakan...

Kalo nyari yang bahasa Indonesia ya ke IlmuKomupter.com aja.
Tapi W3Schools selalu jadi referensi sih.

Anonim mengatakan...

bermanfaat gan infonya, izin ngutip dikit tulisanya