Minggu, 21 September 2008

Web Directory, Cara Alternatif Browsing

Jika kita ingin mencari sesuatu menggunakan internet, satu hal yang pasti muncul dalam pikiran kita adalah Search Engine seperti Google atau Yahoo. Saat ini memang pola mencari sebagian masyarakat, terutama yang memiliki akses internet, sudah berubah. Masyarakat sekarang lebih memilih untuk menggunakan search engine untuk memulai browsing di internet.

Tetapi sebenarnya search engine bukanlah satu-satunya penguasa jagat maya ini. Jika Anda ingin mencari sebuah situs yang termasuk dalam suatu kategori, maka Anda dapat menggunakan sebuah fasilitas yang mungkin sudah sedikit dilupakan, web directory.

Web directory adalah sebuah kumpulan situs yang diurutkan secara hierarkis berdasarkan kategorinya. Web directory sendiri jenisnya banyak. Ada yang mengkhususkan untuk sebuah area tertentu, ada pula yang mengkhususkan situs nonprofit, atau web directory yang dibuat bersama-sama oleh pengguna bak Wikipedia, dan sebagainya.

Sebuah contoh dari web directory adalah Open Directory Project yaitu sebuah open content directory yang dulunya mempunyai domain directory.mozilla.org. Open Directory Project disusun dan dikembangkan oleh para sukarelawan dan menjadi sebuah web directory yang terbesar.

Sebuah contoh lain adalah Best of the Web, sebuah web directory yang mencantumkan berbagai macam situs yang komersial maupun tidak. Best of the Web dijalankan oleh perusahaan dan menggunakan editor-editor profesional dan memiliki beberapa kantor cabang.

Web directory juga merupakan salah satu cara mempromosikan situs Anda juga. Anda dapat memasukkan situs Anda ke dalam sebuah web directory. Selamat browsing.

Tidak ada komentar: