Minggu, 28 September 2008

Menentukan Syawal Dengan Stellarium

Dalam setiap bulan Ramadhan, perdebatan yang selalu terjadi adalah kapankah tanggal 1 Syawal akan terjadi. Secara umum ada 2 cara untuk menentukan 1 Syawal ini.

Cara yang pertama adalah dengan perhitungan hari. Sedangkan cara yang kedua adalah melihat bulan sabit, atau yang sering disebut hilal.

Saya sempat melihat sebuah iklan tayangan teknologi di Metro TV. Pada iklan acara itu Saya melihat peragaan menentukan 1 Syawal menggunkan software. Ternyata software yang digunakan adalah Stellarium.

Stellarium adalah software multi platform (bisa di Linux, Mac, dan Windows) yang memperlihatkan simulasi alam semesta. Kita seolah-olah melihatnya dari bumi ini. Kita juga bisa menentukan letak dimana kita berada di bumi ini. Tidak ketinggalan ada pula konstelasi bintang beserta visualisasinya yang indah.

Saya ingat ketika mempromosikan Linux di sekolah-sekolah Saya selalu memamerkan Stellarium. Karena selain desktop effects, Stellarium adalah software yang sangat menarik perhatian.

Yang membuat Stellarium digunakan untuk menentukan 1 Syawal adalah software ini mampu menyajikan tampilan langit di waktu dan tanggal yang kita tentukan. Praktis memang. Apalagi Stellarium adalah software open source.

Anda dapat mendownloadnya gratis dari situs Stellarium atau, bagi pengguna Linux, menginstallnya dari repository.

2 komentar:

rivai mengatakan...

hehehe cangih juga ya tuh software tapi saya mah ikutin pemerintah

anggorodewanto mengatakan...

Lho kan fungsinya bisa liat bintang juga. Kapan coba terakhir liat bintang asli selangit penuh?