Rabu, 15 September 2010

Awesome Augmented Reality Technology

Saya baru membaca artikel disini, tentang Prof. Adrian D. Cheok yang mengembangkan teknologi augmented reality ke level yang lebih tinggi dari yang pernah ada.

Apa sih augmented reality itu? Dalam bahasa gampangnya, augmented reality adalah penggabungan dunia nyata dengan dunia maya secara real time, misalnya pada video berikut ini:


Amazing eh?


Sekarang bayangkan bila interaksi kita dengan dunia maya tidak hanya sekedar melalui visual saja. Hal itulah yang sedang dikembangkan Profesor Adrian. Beliau mengembangkan teknologi AR yang menggunakan impuls elektrik ke otak agar kita dapat meraba dan mengecap hal yang dikirimkan sebagai data komputer.

Jika pada contoh-contoh yang disajikan adalah rasa makanan dan sensasi sentuhan lewat dunia maya, saya lebih suka membayangkan yang lebih dahsyat; ARMMORPG (Augmented Reality Massive Multiplayer Online Role Playing Game)!!

Bayangkan jika kita bisa merasakan, melihat, dan mendengar benda-benda maya yang ada di dalam game, pasti petualangannya akan lebih terasa (kalo ketusuk monster gimana ya?). Atau coba bayangkan main Call of Duty: Modern Warfare dengan kota masing-masing sebagai area permainan. Dalam bayangan saya player akan menggunakan Head-Mounted Display dan memegang kontroller berbentuk senjata. Sementara latar belakang akan sama dengan area dimana player berada, ketika sesama player bertemu mereka akan saling melihat seorang pasukan bersenjata lengkap. Keren bukan?

Saat ini sudah ada beberapa game yang dikembangkan dengan AR, namun belum ada yang menggunakan skala massive seperti bayangan saya. Semoga dalam waktu dekat kita akan melihat dunia seperti:

Tidak ada komentar: