Rabu, 15 September 2010

Coming Soon: Indonesia Linux Conference 2010

Saya temukan info ini dari milis yang saya ikuti, yaitu KPLI Jojga. Oktober ini akan diadakan Indonesia Linux Conference (ILC) 2010 di Bogor,  untuk daftar acara, akomdasi, dan lain-lain silakan kunjungi situs resmi ILC 2010.

Yang membuat saya tertarik adalah acara Super Linux Vaganza yang akan diadakan pada tanggal 9 Oktober 2010 di Gedung Kemuning Gading, Bogor. Mengapa menurut saya menarik? Karena tipe acaranya adalah workshop paralel, seperti pada ComicCon, DEF CON, atau TechCrunch Disrupt yang sebentar lagi juga akan hadir.



Workshop paralel tentu akan keren jika ada ratusan atau bahkan ribuan orang datang. Namun yang mengerikan adalah jika yang datang hanya beberapa puluh orang, bayangkan betapa mengenaskannya jika beberapa pembicara hanya memiliki sedikit penonton. Saya bukannya berpikiran negatif lho, tapi dilihat dari target pengunjung hari itu (200), semoga saja yang hadir melebihi target.

Selain itu agenda yang menarik lainnya adalah Sangkuriang Project, yaitu acara membuat program bersama-sama dalam 1 hari. Acara ini akan diselenggarakan pada tanggal 16 Oktober 2010, pukul 9 - 16. Aplikasi yang berhasil dibuat akan dirilis dengan lisensi GPL. Wow, bayangkan potensinya! Bila banyak programmer handal yang ikut, kemudian aplikasi yang dihasilkan (atau minimal idenya) dahsyat, bukan tidak mungkin acara ini akan seperti TechCrunch Hackathon. Seperti yang telah terjadi beberapa kali, pada Hackathon sering terbentuk sebuah kelompok yang baru saja saling kenal, yang kemudian membentuk perusahaan sendiri karena berhasil menemukan ide aplikasi yang dapat dikomersilkan.


Oh, iya, selamat untuk KPLI Bogor yang akan menyelenggarakan acara ILC 2010, semoga komunitas FOSS (Free and Open Source Software) Indonesia akan lebih berkembang lagi.

Tidak ada komentar: