Rabu, 15 September 2010

Search On: Google Instant

Sudah hampir seminggu sejak Google Instant Launch Event, namun bodohnya saya malah posting hal-hal yang lain. Padahal saya nonton acaranya setelah beberapa jam saja di-upload di YouTube. Bahkan sudah banyak spekulasi tentang apa yang akan diluncurkan Google, gara-gara Google dua kali mengganti logonya (disebut Doodle) sebelum acara tersebut.

Dari kedua Doodle tersebut, para reporter dan blogger langsung berspekulasi akan adanya live-update search result. Dan ternyata memang benar, Google Instant adalah sebuah peningkatan kecepatan kita melakukan search. Biasanya ketika kita mengetik keywords pada searchbox Google akan muncul suggestions kan? Kali ini yang muncul tidak hanya suggestions saja, namun juga hasil searchnya, bahkan tanpa kita menekan enter!



Untuk melihat bagaimana Google Instant dijalankan, silakan menonton video promosi buatan Google berikut:


Atau silakan tonton acara launchingnya komplit:


Terus bagaimana kita bisa menggunakannya? Jika menggunakan Google Indonesia, Google Instant tidak akan bisa kita nikmati, maka lakukan hal berikut:

  1. Login ke account Google-mu
  2. Buka http://www.google.com/ncr atau http://www.google.co.uk
  3. Search on.
  4. Jika belum berhasil, lihat tulisan di kanan searchbox setelah menekan search button, jika ada tulisan "instant is off", klik tulisan tersebut dan ubah ke "on".
Oya, berkat penemuan Google ini, makin banyak lho yang membuat search instant, misalnya Twitter Instant, YouTube Instant, Maps Instant, dan lain-lain. Silakan mencoba di Instantise.

Tidak ada komentar: