Minggu, 10 Oktober 2010

10-10-10: Launching Ubuntu 10.10

Tanggal 10-10-10, hari ini banyak sekali dibahas di media massa, ada yang menikah massal, ada yang melahirkan massal, tapi saya berpendapat hari ini spesial karena Ubuntu 10.10 diluncurkan.

Sesuai dengan jadwalnya, Ubuntu akan selalu meluncurkan edisi baru setiap 6 bulan sekali, yaitu bulan April dan Oktober. Karena kodenya sesuai dengan tahun dan bulan diluncurkan, kode Ubuntu kali ini adalah 10.10.



Tampilan default Ubuntu kali ini tampaknya masih ingin meniru MacOS dengan tombol close-minimize-maximize yang ada di sebelah kiri atas window.

Feature yang dibawa tetap sama dengan Ubuntu 10.04, namun dengan tambahan feature music streaming. Kali ini Ubuntu mempunyai music store sendiri seperti iTunes, dan hebatnya lagi, kompatibel dengan iPhone dan Android phone. Jadi kita bisa streaming lagu yang dibeli menggunakan ponsel.

Sebuah feature yang menyenangkan dari Ubuntu 10.04 dulu adalah cepatnya waktu start-up. Sepertinya pada Ubuntu 10.10 ini kecepatan start-up menjadi lebih cepat lagi. Janji dari Ubuntu adalah setelah loading, kita hanya membutuhkan waktu beberapa detik untuk memulai browsing web. Luar biasa.

Ubuntu 10.10 dapat didownload sekarang juga disini.

Tidak ada komentar: