Sabtu, 16 Oktober 2010

25 Tahun MIT Media Lab: Sci-Fi Bukan Fiksi Lagi

Kemarin adalah hari peringatan 25 tahun berdirinya MIT Media Lab, sebuah laboratorium teknologi yang berada di Massachusetts Institute of Technology (MIT). Untuk merayakannya, MIT Media Lab mengadakan open house yang memamerkan hasil-hasil penelitian terbaru. Hasil-hasil penelitian yang dipamerkan benar-benar luar biasa, saya merasa film-film sci-fi tidak lama lagi menjadi kenyataan.

Reporter CNET mengabarkan ada beberapa demo teknologi yang menjadi sorotan dalam open house tersebut. Yang pertama adalah LumiNAR sebuah gabungan antara robot dengan komputer dan proyektor yang berbentuk seperti lampu meja. Dengan LumiNAR user tidak perlu lagi menggunakan mouse, keyboard, dan monitor. LumiNAR akan mendeteksi input berupa gerakan tangan dan memproyeksikan layar ke meja.

LumiNAR



Kemudian bagi yang sudah menonton James Bond terbaru akan melihat sebuah meja yang ternyata adalah layar komputer yang mirip Microsoft Surface. MIT Media Lab membuat MemTable, sebuah meja dengan komputer dan proyektor yang bisa dipakai bersama-sama dalam waktu yang sama. User dapat berbagi dokumen dengan gerakan menyentil seperti pada film James Bond dan menggunakannya seperti pada komputer pribadi.

MemTable

Pranav Mistry, yang dulu terkenal karena membuat Sixth Sense, kali ini memperkenalkan teknologi virtual mouse yang disebut Mouseless. Komputer hanya perlu dilengkapi sensor laser seharga dibawah $10 untuk mendeteksi gerakan tangan user. User hanya perlu meletakkan tangan di samping komputer seperti menggunakan mouse biasa.

Pranav Mistry dan Mouseless
Sudah pernah nonton Minority Report? Tertarik dengan komputer yang dipakai Tom Cruise dalam film tersebut? Saya tertarik, karena hanya dengan sarung tangan, user dapat berinteraksi dengan layar dengan bebas. Pada event TED Februari lalu Oblong Industries mendemonstrasikan  G-Speak yang sangat mirip dengan komputer di film Minority Report. MIT Media Lab ternyata juga mempunyai penelitian yang mirip dengan G-Speak, yaitu Gestural Interaction. Reporter TechCrunch sempat merekam video penggunaan Gestural Interaction ini, silakan menontonnya.

Berikut saya tampilkan demo G-Speak di acara TED:


Lalu bagaimana dengan kita, yang memiliki banyak sekali orang pintar ini? Kemana saja para mahasiswa dan ahli IT Indonesia?