Minggu, 17 Oktober 2010

Alamat Web Berubah Drastis pada 2012

Saat ini kita terbiasa dengan alamat seperti google.com, yahoo.com, dan sebagainya. Akhiran .com, .net, .org, dan sebagainya disebut sebagai Top-Level Domain (TLD). Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN), sebuah organisasi yang mengawasi pembagian TLD, akan meluncurkan Generic Top-Level Domain (GTLD) pada tahun 2012.

GTLD adalah TLD yang dapat dipesan sesuai dengan keinginan, misalnya Canon sudah berencana akan membeli GTLD .canon. Tentunya bagi perusahaan-perusahaan besar GTLD akan semakin mempermudah penamaan situs mereka. Tak lama lagi kita akan dapat melihat .ibm, .cnn, atau apa saja. Selain itu direncanakan juga akan diluncurkan GTLD yang berupa nama kota. Seru juga kalau ada domain .jogja misalnya.



Jika biasanya kita membeli nama domain ke situs-situs penyedia domain dan hosting, untuk membeli GTLD kita harus bertransaksi langsung dengan ICANN. Sebelum berancang-ancang untuk pesan, saya ingatkan harga GTLD adalah $185.000 untuk biaya pendaftaran dan $25.000 per tahun untuk pengoperasian. Selain itu bila ada orang lain yang memesan nama yang sama, sistem lelang akan diberlakukan.

Semoga saja harganya akan turun, karena sepertinya alamat blog anggoro.dewanto keren juga.

Tidak ada komentar: