Selasa, 12 Oktober 2010

Tutorial: Mobile Pong Game

Belakangan saya belajar membuat game untuk ponsel dengan J2ME. Demi belajar dasar-dasarnya, saya menggabungkan ilmu dari 2 tutorial (disini dan disini) untuk membuat game ini. Game ini beserta source code-nya dapat didownload di halaman Downloads saya.

Saya tidak akan memberikan tutorial bagaimana membuatnya, tapi saya akan memberikan beberapa penjelasan mengenai game ini.



Setelah mengikuti kedua tutorial tersebut, saya menambahkan beberapa fitur yang tidak ada:

  • Splash screen dan exit screen, supaya tampak lebih rapi.
  • Tombol untuk exit dan play.
  • Arah bola yang bervariasi.
  • AI yang tampak lebih pintar.
Jika pada tutorial yang saya sebutkan arah bola hanya ada 4, saya membuat 8 arah seperti pada gambar berikut:

Bidang pantul pada pad saya bagi menjadi 4, sehingga player dapat mengarahkan bola sesuai keinginannya:

Jika pada tutorial yang ada AI hanya bergerak ke ujung atas dan bawah saja, saya membuat AI dapat kembali ke tengah jika sudah selesai mengejar bola.

Harap diperhatikan bahwa game ini saya buat dengan ukuran 240 x 240 pixel, sehingga pada Nokia 2730 saya dapat tampil dengan sempurna. Jika ingin memainkan di ponsel dengan ukuran layar berbeda, silakan download source code beserta resourcenya dan ubah seperlunya.

Selamat mencoba.

1 komentar:

Eko mengatakan...

^_^ Apik ki mas
* njowo wae yo. haha