Selasa, 23 September 2008

Google Adsense untuk Indonesia

Beberapa waktu lalu Google Adsense booming di kalangan teman-teman Saya yang memiliki blog atau situs pribadi. Begitu seseorang memasang Google Adsense di blog atau situsnya, yang lain ikut pasang juga. Google Adsense laris bak kacang goreng. Ia menjadi harapan penghasilan tambahan bagi para pemilik blog dan situs.

Namun beberapa saat setelah teman-teman Saya memasang Google Adsense di blog atau situs pribadi mereka, mereka menjadi tidak sabar menanti datangnya dollar dari program Google itu. Dan mereka melakukan hal yang membuat Saya mengernyitkan dahi, saling meng-klik iklan Google Adsense!

Pada waktu itu Saya sudah pernah mengikuti seminar tentang internet marketing. Dan di seminar tersebut para peserta sudah diwanti-wanti agar tidak melakukan kecurangan dalam melakukan bisnis online, apalagi Google Adsense. Alasannya adalah Google selalu bisa mengetahui hal-hal tidak wajar.

Ya maklum saja, Google adalah perusahaan raksasa yang memiliki 19,604 pegawai (Juni 2008),  dengan total aset melebihi USD 25 Triliun. Jadi "kenakalan" para pengguna Google Adsense yang tidak jujur hanyalah sekadar gangguan kecil yang dengan mudah ditumpas.

Sehingga tidak lama banyak account Google Adsense yang di-ban karena perbuatan mereka sendiri. Yang mungkin tidak terpikirkan oleh mereka adalah after-effects dari banyaknya account yang di-ban tersebut. Bagi Google, Indonesia tidaklah seberharga Jepang atau Singapura misalnya, sehingga Google meniadakan lagi program Adsense (khususnya iklan teks) untuk pendaftar baru dari Indonesia.

Akibatnya?

Saat ini ada ribuan, atau mungkin jutaan, situs yang berpenghasilan dari Google Adsense. Dan ada ribuan artikel di internet yang membahas kiat-kiat jitu menghasilkan uang dari Google Adsense dengan JUJUR. Yang tentunya jumlahnya terus bertambah dan kualitasnya kian membaik.

Orang Indonesia? Bagi pemilik Adsense yang lama dan tidak kena ban mungkin masih bisa bernapas lega dan terus mengambil keuntungan. Bagi pendaftar baru sudah pasti hanya bisa gigit jari melihat iming-iming ribuan cerita sukses dengan Google Adsense.

Jadi ingin seberapa rendah lagi martabat Indonesia? Terserah cara kita berperilaku.

2 komentar:

Rakhmat Ari Wibowo mengatakan...

Main adsense bikin pusing nih,mas..
Tiap hari dapet "telur"..hiihhihi
Gmn ya cara biar telurnya pecah?

Oya,,ada PR spesial buat mas anggoro loh...hiihhihi...PR ada di sini. ^_'v

anggorodewanto mengatakan...

Walah aku dikasih PR.
Sama pusingnya nih